Tautan-tautan Akses

Serangan Militan Boko Haram Tewaskan 16 Orang di Kamerun


Rongsokan kendaraan tersangka militan Boko Haram yang berhasil dihancurkan oleh militer Kamerun (foto: dok).
Rongsokan kendaraan tersangka militan Boko Haram yang berhasil dihancurkan oleh militer Kamerun (foto: dok).

Sedikitnya 16 orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka dalam serangan granat tersangka militan Boko Haram terhadap sebuah kamp pengungsi di bagian utara Kamerun Minggu pagi (2/8).

Walikota distrik Medjeweh Boukar mengatakan kepada kantor berita Reuters, penyerang melemparkan sebuah granat ke arah sekelompok orang yang sedang tidur di kamp di desa Nguetchewe. Kamp itu dihuni sekitar 800 orang.

Desa itu terletak di dekat perbatasan Nigeria.

Boukar diberitahu warga kamp itu bahwa sedikitnya 16 orang tewas. Sebelumnya seorang petugas keamanan mengatakan 15 orang tewas. Mereka yang luka-luka dilarikan ke sebuah rumah sakit di dekat lokasi.

“Penyerang tiba dengan seorang perempuan yang membawa granat itu ke dalam kamp,” ujar Boukar, dan menambahkan perempuan dan anak-anak termasuk di antara korban yang tewas.

Boukar mengatakan selama bulan Juli lalu ada 20 serangan oleh tersangka militan Boko Haram, yang selama sepuluh tahun ini berupaya mendirikan kekhalifahan Islam di Nigeria.

Aksi kekerasan itu, yang sudah menewaskan sekitar 30.000 orang dan memaksa jutaan lainnya mengungsi, seringkali meluas ke negara-negara tetangganya, seperti Kamerun, Niger dan Chad.

Sekitar 300 tersangka militan Boko Haram menyerbu sebuah pulau di Lake Chad, di bagian utara Kamerun, pada Juni 2019 lalu, dan menewaskan 24 orang, termasuk 16 tentara Kamerun yang ditempatkan di sebuah pos militer. [em/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG