Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Bunuh Diri Tewaskan Caleg Afghanistan


Peta Afghanistan dan letak kota Kabul, Lashkargah, dan provinsi Uruzgan.

Serangan bom bunuh diri di Afghanistan Selatan telah menewaskan seorang calon anggota legislatif dan sembilan pendukungnya. Serangan ini terjadi sehari setelah kelompok pemberontak Taliban menyatakan akan mengacaukan pemilihan nasional mendatang dengan serangan-serangan kekerasan.

Seorang pejabat menyatakan pelaku menarget kantor kampanye calon tersebut di Lashkargah, ibukota provinsi Helmand, Afghanistan Selatan. Juru bicara kepala polisi provinsi tersebut, Abdul Salam Afghan memberitahu VOA bahwa ledakan bom mencederai sedikitnya 15 orang. Ia menyebut caleg yang tewas itu adalah Saleh Mohammad Achakzai, yang bersaing memperebutkan kursi di majelis rendah parlemen, Wolesi Jirga.

Para saksi memperkirakan jumlah korban akan bertambah karena mereka menyatakan kantor kampanye itu penuh sesak sewaktu serangan terjadi.

Hari Senin (8/10), Taliban menyatakan memerintahkan para anggotanya untuk menghentikan proses pemilu dengan melancarkan serangan terhadap para pejabat dan aparat keamanan Afghanistan yang bertugas melindungi pemilih, serta ribuan TPS di berbagai penjuru negara itu. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG