Tautan-tautan Akses

Dukungan AS Terhadap Georgia Tak Terbatas Pada NATO


Menteri Pertahanan AS James Mattis (kiri) meyapa Menteri Pertahanan Georgia Levan Izoria dalam pertemuan menteri pertahanan NATO di markas NATO, di Brussels, Belgia, 3 Oktober 2018.

Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis dan Menteri Pertahanan Georgia Levan Izoria, Rabu (3/10), bertemu di Brussels untuk mempertegas lagi hubungan pertahanan yang sudah lama terjalin antara kedua negara.

Mattis juga memperteguh komitmen jangka panjang Amerika terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah Georgia.

Di samping itu Mattis berada di Brussels untuk meyakinkan negara-negara sekutu di Eropah akan komitmen kuat Amerika pada Persekutuan NATO sementara persekutuan berkemas melakukan latihan militer terbesar sejak perang dingin.

Dalam pertemuan tersebut, Mattis memuji reformasi pertahanan Georgia dan kontribusi negara tersebut pada misi NATO di Afghnistan. Pasukan Tbilisi berkekuatan 870 tentara adalah jumlah pasukan terbesar per kapita di dunia untuk misi NATO Resolute Support di Afghanistan.

Dalam pernyataannya Pentagon mengatakan kedua menteri sepakat untuk terus menghalangi agresi Rusia melalui bantuan keamanan AS dan mendukung inisiatif pertahanan untuk membangu kesiapan jangka panjang dan interoperabilitas NATO. [al/ft]

XS
SM
MD
LG