Tautan-tautan Akses

Serangan Taliban terhadap Konvoi NATO Tewaskan 1 Tentara Romania


Pasukan NATO melakukan operasi di Kandahar, Afghanistan (foto: ilustrasi).

Serangan bom mobil bunuh diri terhadap sebuah konvoi NATO di Afghanistan selatan menewaskan seorang tentara Romania dan mencederai dua lainnya.

Kementerian Pertahanan Romania mengukuhkan tewasnya tentara itu, dan juru bicara pemerintah lokal Afghanistan mengatakan kepada VOA serangan hari Jumat itu terjadi di dekat lapangan udara Kandahar.

Fazal Bari Biryali mengatakan pembom bunuh diri menubrukkan mobil penuh peledak ke konvoi NATO yang melakukan patroli rutin.

Juru bicara Taliban mengaku tanggung jawab atas serangan itu, dan menyatakan telah menghancurkan sebuah kendaraan dan menewaskan tujuh tentara asing. Taliban sering mengeluarkan pernyataan tentang jumlah korban yang kemudian ternyata tidak akurat.

“Kami ingatkan sekali lagi bahwa tentara NATO akan terus dibunuh dan jihad akan kami teruskan dengan gigih selama masih ada tentara asing di sini,” kata pernyataan yang dikirim kepada wartawan mengutip Qari Yousaf Ahmadi, yang berbicara atas nama pemberontak di Afghanistan selatan.

Pemberontak Taliban sering menarget pasukan Afghanistan, tetapi serangan terhadap pasukan asing tampaknya meningkat sejak presiden Donald Trump mengumumkan strategi baru untuk Afghanistan yang bertujuan mengalahkan Taliban secara militer. [ds]

XS
SM
MD
LG