Tautan-tautan Akses

AS

Menhan AS Tandatangani Perintah Penambahan Tentara AS di Afghanistan


Menteri Pertahanan AS Jim Mattis (foto: dok).

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis telah menandatangani perintah untuk mengerahkan tentara tambahan ke Afghanistan. Sekarang ini terdapat 11.000 tentara yang sedang berdinas di negara yang dikoyak perang itu.

Berbicara kepada wartawan hari Kamis di Pentagon, Mattis mengatakan tentara tambahan itu pada umumnya akan menjadi penasihat dan “memungkinkan pasukan Afghanistan untuk bertempur dengan lebih efektif” melawan Taliban dan belasan kelompok teror di Afghanistan.

Menhan Mattis mengatakan akan memberikan lebih banyak informasi setelah menyelesaikan perintah-perintah itu dan memberitahu Kongres pekan depan mengenai langkah militer berikutnya.

“Saya telah menandatanganinya, tapi belum selesai. Dengan kata lain, saya telah menandatangani sebagian tentara yang akan pergi dan kami sedang mengidentifikasi rinciannya,” kata Mattis.

Berita tentang perintah penambahan tentara itu muncul sehari setelah Pentagon mengumumkan bahwa sekitar 11.000 tentara AS kini sedang berdinas di Afghanistan, bukan 8.400 tentara, seperti yang dilaporkan Dephan sebelumnya.

Para pejabat mengisyaratkan bahwa Menteri Mattis ingin menerjunkan 4.000 tentara lagi ke Afghanistan untuk memenuhi kebutuhan komandan di lapangan. [vm/jm]

XS
SM
MD
LG