Tautan-tautan Akses

AS

Serangan AS di Suriah Tewaskan Pemimpin Penting al-Qaida


Juru bicara Departemen Pertahanan AS, Kapten. Jeff Davis.

Menurut Pentagon, serangan Amerika sebelumnya tanggal 3 Februari menewaskan 10 teroris Al-Qaida di gedung yang digunakan sebagai tempat pertemuan al-Qaida.

Departemen Pertahanan AS mengatakan serangan negara itu telah menewaskan pemimpin penting al-Qaida yang terkait Ayman al-Zawahiri dan mendiang pemimpin al-Qaida Osama bin Laden.

Menurut pejabat Pentagon Rabu (8/2), Abu Hani al-Masri tewas dalam serangan pesawat nirawak Sabtu (4/2) ketika berkendara dekat Idlib, Suriah. Ia adalah pemimpin al-Qaida ke empat yang tewas di Suriah tahun ini. Al-Masri, yang juga menggunakan nama Hani Jasarevic adalah anggota pendiri Jihadis Islamis Mesir (EIJ), kelompok Sunni pertama yang menggunakan pembom bunuh diri dalam serangan-serangan teror mereka.

Pentagon mengatakan EIJ sudah melakukan upaya berbagai serangan terhadap fasilitas Amerika dan sekutunya termasuk upaya tahun 1998 untuk meledakkan kedutaan Amerika di Albania.

Al-Masri juga mengawasi pembentukan dan operasi kamp-kamp pelatihan al-Qaida di Afghanistan pada tahun 1980 dan 1990-an dimana dikatakan Pentagon al-Masri “merekrut, mengindoktrinasi, melatih dan melengkapi ribuan teroris”.

Menurut Pentagon, serangan Amerika sebelumnya tanggal 3 Februari menewaskan 10 teroris Al-Qaida di gedung yang digunakan sebagai tempat pertemuan al-Qaida.

“Serangan-serangan ini mengganggu kemampuan al-Qaida untuk merencanakan dan mengarahkan serangan-serangan eksternal yang menyasar Amerika dan kepentingan kita di seluruh dunia,” kata juru bicara Pentagon, Kapten Jeff Davis. [my/al]

XS
SM
MD
LG