Tautan-tautan Akses

10 Tahun, Beasiswa "USAID PRESTASI" Hasilkan Lebih Dari 300 Lulusan Pascasarjana Amerika


Livan - Beyrut, Partlayış məscidin şüşələrini sındırmış<br />
<br />
&nbsp;
Livan - Beyrut, Partlayış məscidin şüşələrini sındırmış<br /> <br /> &nbsp;

"USAID PRESTASI" atau USAID’s Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impact merupakan program beasiswa pascasarjana dari Badan Pembangunan Internasional Amerika USAID, yang ditujukan bagi professional muda Indonesia. Sejak 2007 program ini telah memberikan beasiswa pascasarjana kepada 334 profesional Indonesia dari berbagai latar belakang. Selain itu lebih dari 600 lainnya mendapat kesempatan berpartisipasi dalam pelatihan jangka pendek.

Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. mengatakan program ini merupakan bentuk komitmen AS sebagai bagian dari kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia di bidang pendidikan. “kami senang dapat berkontribusi dalam meningkatkan pertukaran pendidikan antara AS dan Indonesia sebagai bagian dari kemitraan strategis kedua negara,” kata Joseph R. Donovan Jr, di sela-sela acara perayaan 10 tahun USAID PRESTASI di Jakarta, Rabu siang (26/7).

Dubes AS juga menyampaikan rasa senangnya bahwa 50 persen penerima beasiswa PRESTASI adalah perempuan.

Menurut salah satu alumni program, Aisah Putri, beasiswa PRESTASI ini berbeda dengan beasiswa lainnya, meski seleksinya sangat ketat namun paket yang diberikan kepada penerima beasiswa sangat lengkap mulai dari sebelum berangkat, selama proses kuliah di Amerika hingga setelah lulus.

Staf Ahli Bidang Akademik Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Paulina Panen yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, “Indonesia saat ini memang benar-benar butuh scholar, orang-orang pintar yang mau membangun negeri.. kita menuju ke Indonesia 100 tahun dan banyak sekali orang pintar yang dibutuhkan untuk membangun bangsa kita sehingga pada 100 tahun indonesia merdeka itu nanti kita dapat mencapai golden age of Indonesia”.

Untuk itu ia mengapresiasi program beasiswa ini karena membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Ia juga berharap kuota penerima beasiswa PRESTASI ini dapat lebih ditingkatkan lagi.

Tahun 2015 dan 2016 beasiswa PRESTASI memilih 58 penerima beasiswa dari 958 pelamar dari berbagai daerah di Indonesia. Menurut Development Program Specialist USAID, Hanif M. Saleh, jumlah penerima beasiswa PRESTASI kedepan dapat bertambah ataupun berkurang tergantung kebutuhan dari pemerintah AS dan Indonesia.

Sejak tahun 1950, USAID dan lembaga-lembaga pemerintah AS terdahulu telah memberikan beasiswa kepada 3,900 orang Indonesia untuk meraih gelar diberbagai universitas di AS. Puluhan ribu warga Indonesia juga telah berpartisipasi dalam pelatihan non-gelar di AS. [au/as]

XS
SM
MD
LG