Tautan-tautan Akses

Sepuluh Kandidat Capres Demokrat akan Berdebat Bulan Depan di Houston


Debat pertama kandidat capres partai Demokrat di Pusat Seni Pertunjukan Adrienne Arsht di Miami, 26 Juni 2019. (Foto: dok).
Debat pertama kandidat capres partai Demokrat di Pusat Seni Pertunjukan Adrienne Arsht di Miami, 26 Juni 2019. (Foto: dok).

Siapa-siapa yang akan tampil dalam debat mendatang kandidat calon presiden Partai Demokrat sudah dipastikan. Sepuluh kandidat lolos kualifikasi debat yang akan diselenggarakan di Houston, Texas, 12 September mendatang, setengah dari jumlah peserta pada dua debat sebelumnya yang dilangsungkan pada dua malam terpisah. Reporter VOA Jim Malone melaporkan siapa saja yang akan berdebat, dan pesan kampanye mereka.

Mantan wakil presiden Joe Biden, yang diunggulkan dalam berbagai jajak pendapat, memimpin daftar kandidat calon presiden Partai Demokrat yang lolos kualifikasi untuk bisa berpartisipasi pada debat ketiga.

“Kita harus menyatukan kembali negara kita. Tidak cukup hanya mengalahkan Donald Trump. Kita akan menyingkirkan penghalang terbesar. Tapi kita harus menyatukan negara. Kita harus menyatukan kembali orang-orang,” kata Joe Biden.

Untuk kali pertama, Biden akan berada di atas satu panggung dengan saingan utamanya, Senator Massachusetts Elizabeth Warren.

Dukungan terhadap Warren, yang menjanjikan perubahan menyeluruh bagi negara, meningkat di berbagai jajak pendapat. “Kita tidak hanya akan memperbaiki sebuah hukum di sini, atau beberapa peraturan di sana. Satu-satunya cara kita memperbaiki adalah dengan melakukan perubahan struktural besar-besaran! Kalian siap melakukan perubahan?,” jelasnya.

Senator Vermont Bernie Sanders, yang bersaing ketat dengan Warren untuk posisi kedua di belakang Biden, juga akan tampil di panggung debat itu.

“Kita tidak berbicara soal dunia yang sempurna. Kita hanya berbicara soal negara di mana orang hidup dengan bermartabat dan dengan rasa aman, dan itulah yang akan kita perjuangkan bersama,” jelas Bernie Sanders.

Yang juga lolos kualifikasi adalah Senator California Kamala Harris; Walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg; Seantor New Jersey Cory Booker; mantan anggota DPR dari Texas Beto O’Rourke; Senator Minnesota Amy Klobuchar; mantan menteri perumahan Julian Castro; dan pengusaha Andrew Yang.

Susan Page dari USA Today mengatakan, bagi mereka yang tidak lolos kualifikasi, ini merupakan pukulan besar. “Dengan begitu banyaknya kandidat, sulit untuk membuat orang-orang mencurahkan perhatian pada Anda dan bahkan berpikir untuk mendukung Anda. Jika Anda tidak lolos kualifikasi untuk berdebat, perjuangannya lebih sulit,” jelasnya.

Senator New York Kirsten Gillibrand termasuk mereka yang tidak lolos kualifikasi dan segera memutuskan untuk mengakhiri pencalonan dirinya.

Mereka yang juga gagal untuk bisa berpartisipasi pada debat mendatang adalah Gubernur Montana Steve Bullock, anggota DPR dari Hawaii Tulsi Gabbard, dan aktivis lingkungan sekaligus milyader Tom Steyer. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG