Tautan-tautan Akses

AS

Persaingan Capres Demokrat Mengecil Jelang Debat Berikut


Panggung debat capres partai Demokrat untuk Pilpres 2020 di Fox Theatre, Detroit, Michigan, 30 Juli 2019. (Foto: dok).

Persaingan memperebutkan nominasi calon presiden dari Partai Demokrat yang akan menghadapi Presiden Donald Trump pada pemilu tahun depan sedikit menunjukkan kejelasan.

Sejumlah kandidat telah menyatakan mundur dari persaingan yang tadinya diikuti lebih dari 20 orang.

Capres dari Partai Demokrat, Senator Kirsten Gillibrand, di Iowa State Fair, Des Moines, Iowa, 10 Agustus 2019. (Foto: dok).
Capres dari Partai Demokrat, Senator Kirsten Gillibrand, di Iowa State Fair, Des Moines, Iowa, 10 Agustus 2019. (Foto: dok).

Yang terbaru mengundurkan diri adalah Senator Kirsten Gillibrand. Ia tidak lolos kualifikasi untuk bisa berpartisipasi dalam debat 12 September mendatang karena tingkat dukungan terhadapnya yang rendah pada beberapa jajak pendapat.

Karena begitu banyaknya kandidat, dua debat sebelumnya dibagi dalam dua sesi. Namun debat September hanya akan diikuti 10 kandidat karena Partai Demokrat menetapkan syarat yang lebih ketat untuk bisa berpartsipasi dalam debat itu.

Selain Gillibrand, Senator Michael Bennet, Gubernur Montana Steve Bullock, anggota DPR Tulsi Gabbard, milyarder Tom Steyer dan penasehat spiritual Marianne Williamson gagal mendapat tingkat dukungan dua persen pada empat jajak pendapat dan donasi dari 130.000 orang.

Namun, kecuali Gillibrand, mereka yang gagal lolos kualifikasi debat mendatang itu tidak mengumumkan keputusan mereka untuk mengakhiri pencalonan diri mereka. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG