Tautan-tautan Akses

Seperti Apa "Wajah Tuhan" Menurut Orang Amerika


Warga AS berdoa di sebuah gereja di Miami, Florida (foto: ilustrasi). Hampir 90 persen orang Amerika percaya pada Tuhan.

Hampir 90 persen orang Amerika percaya pada Tuhan, dan hasil penelitian baru mengungkapkan pikiran orang Amerika tentang bagaimana kira-kira wajah Tuhan.

Peneliti di University of North Carolina di Chapel Hill menyurvei 511 orang Kristen Amerika untuk mencari tahu pendapat mereka tentang Tuhan dengan menunjukkan ratusan pasang wajah dan menanyakan, mana dari wajah itu yang paling pas dengan gambaran mereka tentang Tuhan.

Penggambaran umum tentang Tuhan dalam seni adalah laki-laki kulit putih berjanggut dan berumur. Tetapi, wajah komposit yang diungkap peneliti, ternyata lebih muda, kurang maskulin dan tidak kulit putih.

Peneliti mengatakan, cara orang memandang Tuhan dipengaruhi oleh kecenderungan politik. Kaum liberal melihat Tuhan sebagai laki-laki yang lebih feminin, agak muda dan "lebih penyayang", sedangkan kaum konservatif melihat Tuhan sebagai laki-laki kulit putih, berumur dan "lebih berkuasa."

Usia menjadi faktor lain dalam cara seseorang membayangkan Tuhan. Kaum muda memilih wajah yang lebih muda.

Orang-orang kulit hitam Amerika cenderung membayangkan Tuhan berkulit hitam, dan laki-laki maupun perempuan memilih Tuhan yang lebih maskulin. [ka/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG