Tautan-tautan Akses

Sepasang Paus Sperma Terlihat di Pakistan


Sepasang paus sperma, predator bergigi terbesar di bumi, telah terlihat untuk pertama kalinya di perairan Pakistan di lepas pantai provinsi Baluchistan barat daya, 12 September 2017. (Photo: A. Gul / VOA)

Sepasang paus sperma terlihat untuk pertama kalinya di perairan Pakistan di lepas pantai Baratdaya provinsi Baluchistan di Laut Arab.

Menurut organisasi World Wide Fund (WWF) cabang Pakistan. pemunculan paus kepala kotak ini terlihat oleh sejumlah nelayan dan bahkan terekam kamera, di sebuah kawasan sekitar 22 kilometer dari sebuah kawasan pantai yang disebut Jiwani.

WWF mengatakan, para nelayan, termasuk mereka yang telah dilatih dan dilengkapi peralatan oleh WWF untuk mengamati kehidupan laut, menemukan kedua paus itu, Minggu (10/9), dan sempat mengikuti mereka selama 1,5 jam sebelum akhirnya ikan raksasa itu menyelam ke kedalaman laut.

Muhammad Moazzam Khan dari WWF mengatakan, ini kali pertama paus sperma yang dalam kondisi hidup dilaporkan berada di perairan Pakistan.

Ia mengatakan, tulang belulang paus sperma pernah ditemukan di kota pelabuhan Karachi, Pakistan Selatan, pada 2005. Sejumlah tulang dari paus lainnya, dari jenis yang sama, juga ditemukan di Jiwani.

Paus Sperma adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi. Hewan laut ini memiliki ukuran otak paling besar dibandingkan mahluk apapun di dunia. Paus ini mudah dikenali karena ukuran kepalanya yang luar biasa besar dan jidatnya yang bundar. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG