Tautan-tautan Akses

Sepak Bola: Inggris Berusaha Lepas dari Kegagalan di Piala Dunia


Pemain penyerang tim sepak bola Inggris, Harry Kane (kiri) dan pelatih Inggris, Gareth Southgate (kanan) dalam konferensi pers di Volgograd, 17 Juni 2018, sehari menjelang laga perdana penyisihan Grup G melawan Tunisia.
Pemain penyerang tim sepak bola Inggris, Harry Kane (kiri) dan pelatih Inggris, Gareth Southgate (kanan) dalam konferensi pers di Volgograd, 17 Juni 2018, sehari menjelang laga perdana penyisihan Grup G melawan Tunisia.

Tim sepak bola Inggris, di bawah asuhan manajer Gareth Southgate, akan berusaha memperbaiki penampilan sebelumnya yang kurang memuaskan dalam laga perdana di Piala Dunia, Senin (18/6/18).

Sementara itu, para pemain “Generasi Emas” Belgia tampaknya akan menjadi kuda hitam bagi para penantangnya.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Inggris, juara turnamen sepak bola akbar sejagat lebih dari setengah abad lalu, terpuruk tanpa mencetak satu pun kemenangan pada laga Piala Dunia 2014 di Brazil. Selain itu juga, Inggris belum pernah memenangkan satu pun turnamen penting sejak 2006.

Namun, anak-anak muda asuhan Southgate datang ke Rusia dengan percaya diri dengan modal penampilan solid selama laga kualifikasi dan hasil memuaskan pada pertandingan persahabatan melawan Brazil, Jerman, Italia dan Belanda.

Inggris akan menghadapi Tunisia di kota bersejarah Volgograd, Senin petang ini dan mereka tahu harus menang dalam laga ini bila tidak ingin membuyarkan rencana yang sudah disusun sebelum turnamen. Mereka dibayangi laga dengan Belgia dalam penyisihan Grup G.

Penunjukkan Southgate, yang minim pengalaman melatih, sebagai pelatih timnas Inggris banyak dikecam. Tapi pelatih tim di bawah 21 tahun berhasil menumbuhkan rasa persatuan dan bertekad mengubur kegagalan masa lalu.

“Tim ini seharusnya tidak dibebani dengan hal itu karena mereka tim yang masih baru. Kebanyakan pemain masih minim pengalaman bertanding di turnamen internasional. Jadi masa depan ada dihadapan mereka,” kata Southgate kepada para wartawan di Volgograd Arena, Minggu (17/6/18).

Sebaliknya, Belgia masuk Rusia dengan percaya diri. Skuad yang bertaburan bintang, namun manajer mereka dipertanyakan.

Roberto Martinez asal Spanyol masih belum mengisi sayap kiri mengganti Marc Wilmots setelah Piala Euro 2016. Mantan bos Klub Everton itu juga keliatan belum menunjukkan tanda-tanda sudah mendapat cara agar Eden Hazard dan Kevind De Bruyne bisa memaksimalkan potensi penampilan mereka di sisi yang sama.

Anak-anak muda dari Brussels ini dijadwalkan akan menghadapi Panama di Sochi hari ini. Panama adalah pendatang baru perwakilan Amerika Tengah di turnamen Piala Dunia kali ini. [ft]

XS
SM
MD
LG