Tautan-tautan Akses

Seoul Pulangkan 3 Warga Korut yang Melintasi Perbatasan Laut dengan Kapal


Perahu yang digunakan oleh tiga warga Korea Utara melintasi perbatasan laut Korea, di pelabuhan militer di Yangyang, Korea Selatan, 28 Juli 2019.

Korea Selatan, Senin (29/7), mengatakan akan memulangkan tiga warga Korea Utara yang melintasi perbatasan laut Korea dengan perahu kayu pada akhir pekan yang baru lalu.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memutuskan untuk membiarkan warga Korea Utara itu kembali ke negara mereka sesuai keinginan mereka.

Dikatakan bahwa warga Korea Utara tersebut akan berlayar melintasi perbatasan laut kembali ke Korea Utara dengan perahu yang sama pada Senin malam (29/7).

Perahu-perahu nelayan sering terbawa arus melintasi perbatasan laut timur Korea, baik dari utara ke selatan maupun sebaliknya. Korea Selatan biasanya memulangkan para nelayan Korea Utara kecuali mereka dicurigai sebagai mata-mata, tetapi juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk bermukim di Korea Selatan jika mereka menghendakinya, sehingga sering memicu kemarahan dari Korea Utara.

Korea Utara pada hari Sabtu membebaskan dua warga Korea Selatan dan 15 warga Rusia dari perahu nelayan yang terbawa arus ke perairan Korea Utara 10 hari lalu. Para awak perahu itu kembali ke Korea Selatan pada hari Minggu. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG