Tautan-tautan Akses

Sengketa dengan Uni Eropa, AS Terapkan Tarif untuk Perancis dan Jerman


Botol-botol minuman anggur di sebuah toko di Le Cannet-des-Maures di Provence, 10 Oktober 2019. Pemerintah AS memutuskan menaikkan tarif untuk sejumlah produk ekspor Uni Eropa, termasuk minuman anggur dari Perancis.

Pejabat perdagangan Amerika Serikat, Rabu (30/12), mengatakan mereka menaikkan tarif untuk produk-produk tertentu dari Uni Eropa, mencakup suku cadang pesawat dan anggur dari Perancis dan Jerman. Pengenaan tarif muncul di tengah sengketa pesawat sipil yang berkepanjangan antara Amerika dan Uni Eropa.

Dalam pernyataan, Kantor Perwakilan Dagang Amerika (USTR) mengatakan pihaknya menambahkan tarif pada suku cadang manufaktur pesawat, anggur tertentu, dan minuman beralkohol lainnya dari Perancis dan Jerman.

USTR tidak mengatakan kapan tarif itu akan diberlakukan, tetapi mencatat bahwa rincian tambahan itu akan "segera diumumkan".

Tarif baru itu adalah tindakan terbaru dalam 16 tahun sengketa Amerika-Uni Eropa atas subsidi penerbangan sipil yang melibatkan perusahaan pesawat Eropa, Airbus SE, dan saingannya di Amerika, Boeing Co.

USTR, Rabu (30/12), mengatakan bahwa Uni Eropa telah secara tidak adil menerapkan tarif terhadap Amerika yang diizinkan oleh keputusan Organisasi Perdagangan Dunia September lalu dalam sengketa yang sedang berlangsung.

"Uni Eropa perlu bertindak untuk mengompensasi ketidakadilan ini."

Perwakilan Uni Eropa belum bisa dihubungi untuk memberikan komentar atas tindakan USTR. [ka/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG