Tautan-tautan Akses

UE: Hanya Beberapa Jam Tersisa untuk Perundingan Brexit


Seorang demonstran anti-Brexit memegang bendera Uni Eropa di Parliament Square, di London, 16 Desember 2020. (Foto: AP)

Ketua tim perunding Uni Eropa Michel Barnier pada hari Jumat (18/12) memperingatkan bahwa perundingan perdagangan pasca-Brexit kini dalam momen menentukan, dengan hanya beberapa jam tersisa untuk mencapai kesepakatan dengan Inggris.

“Ini adalah momen menentukan,” kata Barnier kepada Parlemen Eropa. “Kita hanya punya waktu sedikit sekali yang tersisa, hanya beberapa jam untuk menyelesaikan perundingan ini, kalau kita ingin kesepakatan ini mulai berlaku pada 1 Januari.”

Barnier, yang melakukan pembicaraan saat-saat terakhir ini dengan sejawatnya dari Inggris, David Frost, tidak lama setelah bertemu dengan para anggota parlemen, mengatakan, masalah penangkapan ikan masih menjadi butir pembahasan yang sulit.

“Menurut saya tidak akan adil, tidak akan dapat diterima, jika nelayan Eropa tidak diizinkan memiliki akses ke perairan itu,” ujarnya, sebagaimana dilansir dari AFP.

Perusahaan-perusahaan Inggris yang beroperasi di bidang lain akan “tetap stabil dalam hak-hak mereka,” katanya, tetapi nelayan Uni Eropa akan kehilangan akses yang terjamin. Jadi itu tidaklah adil, lanjut Barnier.

Kamis (17/12) malam, PM Inggris Boris Johnson dan pemimpin Uni Eropa Ursula von der Leyen mengadakan pembicaraan yang gagal mengatasi kebuntuan dalam pembicaraan perdagangan.

Inggris meninggalkan Uni Eropa pada 31 Januari dan akan meninggalkan pasar tunggal Uni Eropa pada 31 Desember tengah malam, dengan atau tanpa kesepakatan lanjutan.

Tanpa kesepakatan itu, perdagangan antara kedua pihak akan dilakukan berdasarkan peraturan-peraturan dasar Organisasi Perdagangan Dunia dan integrasi ekonomi selama 47 tahun akan terganggu dengan ditetapkannya tarif terhadap barang. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG