Tautan-tautan Akses

AS

Senator Republik Tunjuk Jaksa Arizona untuk Interogasi Penuduh Kavanaugh 


Gedung Mahkamah Agung di Washington, D.C., Minggu, September. 23, 2018. (Foto: dok).

Para senator Partai Republik telah memperkerjakan seorang jaksa Arizona untuk menginterogasi perempuan yang menuduh calon Hakim Agung Brett Kavanaugh pernah melakukan serangan seksual terhadapnya.

Sebuah pernyataan pers dari kantor Ketua Komisi Kehakiman Senat Chuck Grassley menyebutkan, perempuan bernama Rachel Mitchell, seorang jaksa karir yang telah puluhan tahun berpengalaman memperkarakan kejahatan-kejahatan seks. Mitchell bekerja di Kantor Jaksa Maricopa county di Phoenix, Arizona, sebagai kepala Divisi Khusus Korban Kejahatan, yang menangani kejahatan seks dan kekerasan keluarga.

Para senator Partai Republik memang sudah lama menyatakan ingin memperkerjakan seorang perempuan untuk menginterogasi Christine Blasey Ford, yang menuduh Kavanaugh melakukan serangan seksual terhadap drinya sewaktu mereka masih remaja, untuk menghindari kemungkinan munculnya bias karena semua anggota dari Partai Republik di komisi itu pria.

Pertikaian antara partai di Senat AS atas calon yang diajukan Presiden AS Donald Trump ini meningkat, Selasa, kurang dari 48 jam sebelum Kavanaugh dan Ford diperkirakan akan memberi kesaksian yang saling bertentangan mengenai insiden itu.

Pemimpin Partai Republik di Senat Mitch McConnell dari Kentucky menuduh kubu Demokrat tergesa-gesa menghukum Kavanaugh dan merusak nama baiknya berdsarkan tuduhan-tuduhan tanpa bukti, dan mengabaikan azas praduga tidak bersalah. Para senator Demokrat mengatakan, jika para sejawatnya ingin mempelajari fakta-fakta masa lalu calon hakim agung itu, mereka tidak akan keberatan menerima seruan agar FBI melakukan penyelidikan atas tuduhan itu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG