Tautan-tautan Akses

AS

2 Senator Republik: Negara Bagian Bisa Pertahankan Obamacare


Seorang warga membaca brosur Obamacare di Cudahy, California. (Foto: Dok)

Kedua senator itu bersikeras Obamacare seharusnya tidak dicampakkan sampai penggantinya yang jelas siap.

Dua senator Partai Republik mengusulkan rancangan undang-undang yang akan membiarkan negara-negara bagian yang menyukai UU Asuransi Kesehatan (ACA), atau dikenal sebagai Obamacare mempertahankannya daripada menggantinya dengan apa pun yang diajukan Presiden Donald Trump dan Partai Republik.

“Partai Republik menganggap jika Anda menyukai asuransi Anda, maka Anda bisa mempertahankannya, Dan kami bersungguh-sungguh” kara Senator Bill Cassidy dari Louisiana hari Senin (23/1).

“Jadi California dan New York, Anda menyukai Obamacare, Anda bisa mempertahankannya”.

Cassidy mensponsori RUU itu bersama Senator Susan Collins dari Maine yang bersikeras Obamacare seharusnya tidak dicampakkan sampai penggantinya yang jelas siap.

Collins hari Senin mengatakan bahwa keputusan Presiden Trump untuk “meminimalkan beban ekonomi” dari Obamacare “sangat membingungkan”. Ia mengatakan sulit untuk memahami apa maksudnya atau apa dampaknya bagi rencana asuransi kesehatan itu.

Pemimpin fraksi Demokrat di Senat, Charles Schumer mengabaikan rencana Cassidy-Collins itu sebagai “pandangan kosong”.

“Hampir mustahil mempertahankan manfaat UU Asuransi kesehatan itu tanpa mempertahankan keseluruhannya,” katanya.

UU Asuransi Kesehatan itu adalah pencapaian penting mantan Presiden Barack Obama selama delapan tahun masa jabatannya. UU itu memastikan tanggungan asuransi bagi setiap warga Amerika sehingga mereka tidak mengalami kehancuran finansial jika menderita sakit serius.

Trump berkampanye untuk membatalkan dan menggantinya dan menyebutnya “bencana”. Ia mengatakan asuransi itu terlampau mahal dan membebani usaha-usaha kecil. [my/al]

XS
SM
MD
LG