Tautan-tautan Akses

AS

Senator Partai Demokrat Al Franken Resmi Mundur Awal Januari


Senator Al Franken meninggalkan Gedung Capitol setelah berbicara di Senat, 7 Desember 2017, di Capitol Hill di Washington.

Senator Partai Demokrat Al Franken akan meletakkan jabatan pada 2 Januari, kata seorang juru bicara anggota parlemen Minnesota itu, Rabu (20/12).

Franken mengumumkan rencananya untuk mengundurkan diri awal bulan ini setelah ada beberapa tuduhan pelecehan seksual, tetapi tidak menyebutkan tanggalnya.

Dia mengatakan Rabu bahwa dia akan menyampaikan serangkaian pidato di Senat sebelum dia pergi.

Franken akan digantikan oleh Wakil Gubernur Minnesota Tina Smith, juga seorang anggota partai Demokrat.

Franken mengumumkan pengunduran dirinya dalam pidato di ruang Senat awal bulan ini, dengan mengatakan ironis bahwa dia akan berhenti sedang Presiden Donald Trump tetap memegang jabatan setelah lebih dari 12 perempuan menuduhnya melakukan tindakan seksual yang tidak diinginkan dalam kampanye 2016.

Presiden Trump,anggota Partai Republik, mengatakan tidak ada satupun tuduhan terhadapnya yang benar. Tetapi dia menghadapi tuntutan baru dari para anggota parlemen partai Demokrat untuk menjawab tuduhan-tuduhan yang lebih spesifik.Enam senator, semuanya anggota PartaiDemokrat, telah meminta agar Trump mengundurkan diri. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG