Tautan-tautan Akses

Senator McCain Dikenang di Asia Tenggara


Senator AS, John McCain meninggal dunia pada usia 81 tahun, 25 Agustus 2018 (foto: dok).
Senator AS, John McCain meninggal dunia pada usia 81 tahun, 25 Agustus 2018 (foto: dok).

Pahlawan perang dan senator berpengaruh John McCain tidak saja dikenang di Amerika, tetapi juga di banyak kawasan, termasuk di Asia Selatan dan Irak, dimana ia memiliki hubungan sangat dekat berkat diplomasi puluhan tahun yang dilakukannya.

“Kami menyampaikan belasungkawa kepada kelurga dan teman-teman Senator John McCain yang merupakan sahabat baik Afghanistan. Sebagai seorang perwira militer, Senator McCain telah berbakti pada negara dan masa baktinya di Senat menjadi hal yang benar-benar patut dicontoh,” cuit Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Twitter. McCain memperjuangkan penempatan lebih banyak personil dan sumber daya bagi Afghanistan dalam perjuangan melawan militan.

Kepala Pejabat Eksekutif Afghanistan Abdullah Abdullah juga menyampaikan dukacita di akun Twitternya.

Pesan belasungkawa juga mengalir dari Pakistan, yang beberapa kali dikunjungi McCain.

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi mengatakan rakyat Pakistan menyampaikan belasungkawa dan doa pada keluarga dan teman-teman Senator McCain. “Sebagai Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat, Senator McCain selalu memperjuangkan hubungan Amerika-Pakistan yang kuat dan pendekatan kooperatif untuk untuk mempromosikan perdamaian serta membangun stabilitas di kawasan.”

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Pakistan Qamar Javed Bajwa juga menyampaikan belasungkawa serupa.

Di Bangladesh dimana McCain mengadopsi putrinya Bridget pada tahun 1993, Menteri Luar Negeri Abul Hassan Mohmood Ali mengatakan “mendiang Senator McCain adalah pahlawan sejati Amerika dan pemimpin layanan publik yang selalu menyuarakan dengan kuat kemanusiaan global, yang tercermin dalam banyak karyanya di Senat yang patut dipuji, termasuk sikap tegasnya menentang kekejaman terhadap kelompok minoritas Muslim-Rohingya di Myanmar dan seruannya untuk meminta pertanggungjawaban para pelaku,” ujar Ali.

Di Irak, Perdana Menteri Pemerintah Daerah Kurdistan Nechirvan Barzani menyebut McCain sebagai “suatu kehilangan besar bagi rakyat Kurdistan.” Ia melakukan yang terbaik pada setiap kesempatan, membela dan melindungi hak-hak dasar masyarakat Kurdistan, ujarnya. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG