Tautan-tautan Akses

AS

Senator AS Tunda Paket Bantuan $40 Miliar ke Ukraina


Bendera Amerika Serikat dan bendera Ukraina berkibar. (Foto: ukrinform.ua)

Senator Amerika Rand Paul pada Kamis (12/5) memblokir pemungutan suara pada paket bantuan senilai $40 miliar untuk Ukraina, sehingga memperlambat upaya AS untuk segera memberikan lebih banyak bantuan ke Ukraina selagi negara itu memerangi invasi Rusia.

“Kita tidak bisa menyelamatkan Ukraina dengan menghancurkan ekonomi AS,” kata Paul.

Suara bulat Senat akan mempercepat pengiriman bantuan ke Ukraina.

Namun, langkah Senator Paul telah menunda pemungutan suara selama seminggu lagi, ketika Senat diperkirakan akan meloloskan RUU tersebut.

Sementara itu, Ukraina mengatakan negosiasi sedang berlangsung untuk pembebasan 38 tentara yang sakit dari pabrik baja Azovstal di Mariupol dengan imbalan tahanan Rusia.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Wakil Perdana Menteri Iryna Vereschuk menggambarkan pembicaraan itu sebagai “sangat sulit.”

Dia mengatakan komentar oleh “beberapa politisi, jurnalis dan tokoh masyarakat,” tentang pembicaraan itu telah merusak proses negosiasi dan dia meminta agar semua orang menahan diri dengan “tidak membuat komentar publik tentang apa yang tidak mereka ketahui.”

Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin pada Kamis (12/5) menyatakan persetujuan mereka untuk bergabung dengan NATO, sebuah langkah yang akan menyelesaikan perubahan kebijakan besar bagi negara itu sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Pekerja membongkar kiriman bantuan militer yang dikirim sebagai bagian dari bantuan keamanan Amerika Serikat ke Ukraina, di bandara Boryspil, di luar Kyiv, Ukraina, 25 Januari 2022. (Foto: AP)
Pekerja membongkar kiriman bantuan militer yang dikirim sebagai bagian dari bantuan keamanan Amerika Serikat ke Ukraina, di bandara Boryspil, di luar Kyiv, Ukraina, 25 Januari 2022. (Foto: AP)

Mereka mengatakan mereka sampai pada keputusan itu setelah mereka memberikan waktu bagi parlemen Finlandia dan publik untuk mempertimbangkan isu tersebut, dan setelah berkonsultasi dengan NATO dan negara tetangga Swedia. Para pejabat di Swedia juga diperkirakan akan mempertimbangkan kemungkinan untuk mengajukan lawaran mereka sendiri untuk menjadi anggota NATO dalam beberapa hari mendatang.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto: Reuters)
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto: Reuters)

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada hari Kamis jika Finlandia benar-benar mengajukan keanggotaannya, “mereka akan disambut dengan hangat ke dalam NATO dan proses aksesi akan dilakukan dengan lancar dan cepat.”

Rusia telah memperingatkan ekspansi NATO, dan mengatakan bergabungnya Finlandia dan Swedia akan membawa “konsekuensi militer dan politik yang serius.”

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mencuit bahwa dia memuji keputusan Finlandia dalam pembicaraan lewat telepon dengan Presiden Niinisto.

Uni Eropa, sebagai bagian dari upaya untuk menghukum Rusia atas invasinya ke Ukraina, sedang mencari cara untuk mengakhiri ketergantungan besar pada energi Rusia untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar bagi rumah tangga dan dan industry. [lt/ab]

Lihat komentar (6)

XS
SM
MD
LG