Tautan-tautan Akses

AS

Senat Setujui Haley sebagai Dubes AS untuk PBB


Calon Dubes untuk PBB, Gubernur South Carolina Nikki Haley saat memberikan keterangan di hadapan Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS di Capitol Hill, 18 Januari 2017. (AP Photo/Evan Vucci)

Meskipun pengalaman dalam kebijakan luar negerinya tidak cukup mumpuni, Gubernur South Carolina, Nikki Haley, mendapat persetujuan dari Senat untuk menjadi Dubes AS di PBB.

Senat telah menyetujui secara bulat pilihan Presiden Donald Trump untuk Dubes AS di PBB.

Para senator dengan mudah menyetujui Gubernur South Carolina, Nikki Haley, untuk posisi tersebut dengan perbandingan suara 96-4, meskipun pengalamannya dalam kebijakan luar negerinya amat terbatas.

Senator Bob Corker, ketua fraksi Republik untuk Komite Hubungan Luar Negeri, menyebut Haley sebagai pemimpin yang telah terbukti yang akan menjadi “pendukung kuat” beragam kepentingan AS di PBB.

Anggota top dari fraksi Demokrat, Senator Ben Cardin dari Maryland, mengatakan ia terkesan dengan komitmen Haley untuk tidak terburu-buru mengurangi kontribusi AS kepada PBB. AS menanggung 22 persen dari anggaran operasional reguler lembaga tersebut.

Senator Chris Coons sebaliknya menentang penunjukkan Haley. Senator dari Partai Demokrat yang mewakili negara bagian Delaware tersebut mengatakan Haley tidak cukup meyakinkan dirinya bahwa ia akan bekerja secara efektif di posisi tersebut. [ww]

XS
SM
MD
LG