Tautan-tautan Akses

Senat Kukuhkan Blinken Sebagai Menteri Luar Negeri


Antony J. Blinken dalam sidang konfirmasi sebagai menteri luar negeri AS di Komite Hubungan Luar Negeri Senat di Capitol Hill, Washington, 19 Januari 2021. (Foto: Alex Edelman/Reuters)

Senat Amerika hari Selasa (26/1) mengukuhkan diplomat veteran Antony Blinken, yang dicalonkan oleh Presiden Joe Biden, sebagai menteri luar negeri.

Dengan suara 78 banding 22, Senat mendukung pencalonan Blinken, yang berarti ia dapat dilantik sebagai diplomat tertinggi Amerika.

Blinken adalah orang kepercayaan Biden sejak lama. Sebelumnya, dia telah dikonfirmasi oleh Senat, ketika ia terakhir menjabat sebagai orang nomor dua di Departemen Luar Negeri pada masa pemerintahan Barack Obama. Ketika itu Biden menjabat sebagai wakil presiden.

Pada sidang konfirmasi di Komite Hubungan Luar Negeri Senat minggu lalu, Blinken berjanji untuk bekerja lebih erat dengan sekutu-sekutu Amerika pasca pendekatan “Amerika yang Pertama” yang digaungkan mantan presiden Donald Trump untuk urusan luar negeri.

Blinken mengatakan ia siap bekerja untuk merevitalisasi diplomasi Amerika dan membangun front persatuan untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh Rusia, China, dan Iran.

Senat yang beranggotakan 100 orang itu terpecah 50 banding 50, tetapi dikuasai oleh faksi Demokrat karena Wakil Presiden Kamala Harris dapat memberikan suaranya untuk memecah kebuntuan.

Suara yang menentang pencalonan Blinken berasal dari anggota-anggota faksi Republik.

Sidang konfirmasi Blinken berlangsung mulus. Faksi Demokrat maupun faksi Republik sama-sama menyampaikan pujian padanya.

Ketika Biden menjadi Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Blinken adalah direktur staf komite itu, sebelum ia berdinas di pemerintahan Barack Obama. [em/pp]

XS
SM
MD
LG