Tautan-tautan Akses

Senat Australia Setujui RUU Pernikahan Gay


Para pendukung persamaan kesetaraan perkawinan sesama jenis di Australia merayakan kemenangan mereka setelah diumumkan bahwa mayoritas orang Australia mendukung pernikahan sesama jenis dalam sebuah survei nasional, di Sydney tengah, Australia, 15 November 2017. (Foto: dok).

Australia setahap lebih dekat untuk melegalkan pernikahan sesama jenis. Hanya dua pekan setelah rakyat Australia secara meyakinkan mendukung pernikahan sesama jenis lewat survei nasional melalui layanan pos, Senat Australia mengambil langkah serupa. Senat Australia menyetujui RUU yang memungkinan praktik tersebut dengan perbandingan suara 43 lawan 12.

RUU itu disetujui setelah mayoritas Senat menolak sejumlah amandemen dari para konservatif untuk secara hukum melindungi mereka yang menolak memberi layanan profesional terhadap pasangan sejenis atas alasan agama, termasuk pendeta urusan perkawinan, petugas catatan sipil, pemilik jasa katering, dan pemilik kedai bunga.

Menurut Penny Wong, senator gay, disetujuinya RUU itu mengisyaratkan kepada komunitas gay, lesbian, dan transgender bahwa Australia menerima mereka apa adanya dan tidak membedakan mereka dengan orang-orang heteroseksual.

Pemungutan suara atas RUU itu akan dilangsungkan pekan depan di DPR Australia, dan diperkirakan juga akan dengan mudah diloloskan, PM Malcolm Turnbull yang konservatif telah berjanji untuk memastikan RUU itu disepakati sebelum natal. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG