Tautan-tautan Akses

Mayoritas Warga Australia Setuju Pernikahan Sejenis


Para pendukung suara 'Ya' dalam pemungutan suara untuk persamaan kesetaraan perkawinan merayakan kemenangan mereka di Sydney tengah, Australia, 15 November 2017. Survei Nasional menunjukkan mayoritas warga Australia mendukung pernikahan sesama jenis.

Mayoritas warga Australia menyatakan mereka mendukung pernikahan gay dalam sebuah survai yang dilangsungkan melalui pos di negara itu. Hasil survei itu memastikan parlemen untuk mempertimbangkan sebuah RUU yang akan melegalkan pernikahan sesama jenis sebelum akhir tahun ini.

Hampir delapan juta orang atau sekitar 62 persen mereka yang memberikan suara dalam survei sukarela itu, menuntut agar pasangan sesama jenis diizinkan untuk menikah.

Hasil survei itu tidak mengikat secara hukum namun PM Australia yang berhaluan kanan tengah Malcolm Turnbull menjanjikan tersusunnya RUU pernikahan sesama jenis dalam waktu beberapa pekan. “Mereka secara meyakinkan telah memutuskan ini demi keadilan, demi komitmen, demi cinta, dan kini menjadi tugas parlemen Australia, tugas semua kita di sini, untuk mewujudkannya dan menuntaskannya sebelum natal," katanya.

Pemerintah konservatif telah berjanji untuk mengizinkan parlemen mempertimbangkan RUU untuk melegalkan pernikahan sesama jenis dalam dua sidang terakhir tahun ini, yang akan berakhir 7 Desember.

Sementara pernikahan sejenis bisa menjadi kenyataan di Australia menjelang natal, sejumlah legislator berjanji akan menolak pernikahan sejenis tanpa memperdulikan hasil survei. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG