Tautan-tautan Akses

AS

Nama-nama Calon Pejabat Kabinet Trump


Presiden terpilih Donald Trump bersama para pejabat Gedung Putih yang dipilihnya di belakang (foto: dok).

Menjelang pelantikannya sebagai Presiden Amerika bulan Januari mendatang, presiden terpilih Donald Trump telah merilis nama-nama calon pejabat yang akan menduduki jabatan kabinet pemerintahannya.

Sebagian besar jabatan penting dan menteri masih harus dikonfirmasi oleh Senat Amerika sedangkan beberapa lainnya adalah penunjukan langsung oleh Presiden terpilih.

Donald Trump memilih Mike Pompeo, 52 tahun. Dia adalah anggota Kongress dari Kansas, anggota Komite Intelijen DPR, dan mantan pejabat militer, sebagai Kepala Badan Intelijen Pusat (CIA). Pompeo adalah pengecam program rahasia CIA untuk melatih pasukan pemberontak di Suriah.

Wilbur Ross, 79 tahun, pimpinan perusahaan investasi W.L. Ross & Co yang dikenal sebagai “raja kebangkrutan” karena membeli perusahaan-perusahaan yang hampir bangkrut tapi berpotensi menguntungkan ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan.

Menteri Pertahanan dalam kabinet Trump diserahkan pada James Mattis, 66 tahun. Ia adalah jenderal yang pernah memimpin divisi marinir dalam invasi Irak tahun 2003, dan kemudian memimpin operasi Amerika di Afghanistan dan Irak sebagai panglima Komando Sentral Amerika.

Di bidang pendidikan, Trump mempercayakannya kepada Betsy DeVos, seorang miliarder dari Michigan akan menjadi menteri pendidikan bagi Amerika. DeVos adalah Ketua Federasi Anak-anak Amerika sebuah organisasi yang menganjurkan perluasan program voucher sekolah. Anggota aktif Partai Republik di Michigan selama lebih dari tiga dekade dan menjadi ketuanya dari tahun 1996 sampai 2000.

Meskipun dikenal sebagai pengecam keras terhadap apa yang disebutnya “agenda aktivis” EPA dan mengatakan tidak percaya perubahan iklim disebabkan oleh emisi karbon buatan manusia, Donald Trump menunjuk Scott Pruitt, 48 tahun sebagai Kepala Badan Perlindungan Lingkungan. Scott adalah jaksa agung negara bagian Oklahoma.

Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan merupakan posisi bagi Tom Price dalam kabinet Trump. Price usia 62 tahun adalah ahli bedah ortopedi, Ketua Komite Anggaran DPR, anggota Kongres dari negara bagian Georgia sejak tahun 2005. Sebelumnya banyak yang memperkirakan Trump akan menunjuk Ben Carson yang akhirnya menjadi Menteri Perumahan dan Pembangunan Perkotaan.

Ben Carson, 65 tahun adalah dokter ahli bedah saraf. Ia menjabat sebagai direktur bedah saraf di RS Johns Hopkins, Maryland dari tahun 1984 sampai 2013.

John F. Kelly (66 tahun), dipercaya untuk mengawasi Kementrian Keamanan Dalam Negeri. Ia adalah purnawirawan Jenderal Marinir, perwira yang bertugas paling lama dan paling senior dalam kemiliteran Amerika sejak peristiwa 11 September.

Posisi penting lainnya, Jaksa Agung dipercayakan kepada Jeff Sessions sementara Menteri Tenaga Kerja diserahkan pada Andrew Puzder, 66 tahun. Pimpinan jaringan waralaba CKE Restaurants Holdings, Inc. ini tidak pernah berpengalaman di bidang pemerintahan.

Linda McMahon, 68 tahun, mantan pimpinan bisnis olahraga gulat Capitol Wrestling, dan Federasi Gulat Dunia (WWF) ditunjuk sebagai Kepala Badan Pengelola Usaha Kecil.

Sementara untuk jabatan Menteri Luar Negeri dipercayakan kepada Rex W. Tillerson, CEO perusahaan minyak ExxonMobil.

Semua posisi tersebut masih memerlukan konfirmasi senat Amerika sedangkan empat jabatan lainnya, Kepala Strategi Gedung Putih, Penasihat Keamanan Nasional Penasehat Gedung Putih dan Kepala Staff Gedung Putih telah diisi oleh Steve Bannon, Michael Flynn, Donald McGahn, dan Reince Preibus dan merupakan penunjukan langsung serta tidak memerlukan persetujuan Senat. [my/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG