Tautan-tautan Akses

Semua Indeks Saham Penting Eropa Goyah


Kekhawatiran mengenai krisis utang Yunani terus meningkatkan keprihatinan atas ekonomi global yang belum pulih.

Indeks saham penting Eropa semuanya goncang pada awal perdagangan Jumat pagi sementara kekhawatiran mengenai krisis utang Yunani terus meningkatkan keprihatinan mengenai ekonomi global yang belum pulih.

Indeks saham London, Paris dan Frankfurt semuanya dibuka turun antara satu dan dua persen, sementara investor bereaksi atas penjualan saham secara besar-besaran di Wall Street Kamis.

Bursa di seluruh Asia mengalami penurunan tajam hari Jumat karena para penanam modal bereaksi negatif atas penjualan saham secara besar-besaran di Wall Street sehari sebelumnya.

Indeks Nikkei di Jepang jatuh 3 persen sebelum tengah hari, sementara bursa di Soul dan Sydney turun sebesar dua persen. Kejatuhan pasaran di Asia itu terjadi setelah penurunan yang sempat mengkhawatirkan pada indeks Dow Jones hari Kamis. Indeks tersebut sempat anjlok 1000 poin pada hari Kamis. Kejatuhan tersebut merupakan kejatuhan terbesar pada satu saat dalam satu hari sejak tahun 1987.

Indeks Dow Jones kemudian pulih dan berakhir pada 10.519 – penurunan 347 poin. Indeks utama lain juga turun tajam.

Krisis hutang negara Yunani memainkan peran utama dalam penjualan saham besar-besaran hari Kamis, tetapi sumber-sumber di bursa saham New York mengatakan kesalahan dalam jual-beli kemungkinan juga telah turut menyebabkan kejatuhan itu.

XS
SM
MD
LG