Tautan-tautan Akses

Eropa Setujui Dana Darurat untuk Bantu Yunani


Enam belas negara yang menggunakan mata uang euro hari Sabtu mencapai kesepakatan itu di Brussel.

Pemimpin-pemimpin Uni Eropa sepakat untuk menyediakan dana darurat untuk membantu mengatasi krisis fiskal Yunani dan untuk menenangkan pasar uang yang bergejolak.

Enam belas negara yang menggunakan mata uang euro hari Sabtu mencapai kesepakatan di Brussel dan akan melanjutkan diskusi tentang rincian rencana itu hari Minggu.

Pemimpin-pemimpin Eropa telah sepakat untuk mengucurkan 140 miliar dolar untuk mengatasi hutang public yang membengkak. Kini ada semacam kecemasan bahwa negara-negara pengguna mata uang euro yang lain, termasuk Spanyol, Portugis, mungkin akan menghadapi masalah yang sama.

Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy menilai situasi itu sebagai krisis paling serius sejak berlakunya euro sebagai mata uang Uni Eropa.

Ketua Komisi Uni Eropa, Jose Barroso mengatakan, pemimpin2 Eropa berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan mata uang Euro.

Nilai mata uang euro turun lebih dari 4 persen minggu ini, dan ikut mendorong menurunnya pasar bursa Eropa.

Ikut memperbesar kerisauan dalam pasar global ini adalah obral besar-besaran di pasar Amerika. Para regulator masih berusaha mencaritahu apa yang menyebabkan menurunnya index Dow Jones sampai sekitar seribu poin.

XS
SM
MD
LG