Tautan-tautan Akses

Selandia Baru Cabut Restriksi Terkait Virus Corona di Auckland


Sebuah tanda untuk mengatur jarak sosial di Auckland, Selandia Baru, 31 Agustus 2020. (Foto: Reuters)
Sebuah tanda untuk mengatur jarak sosial di Auckland, Selandia Baru, 31 Agustus 2020. (Foto: Reuters)

Selandia Baru telah mencabut restriksi terkait virus corona terhadap kota Auckland setelah berhasil menanggulangi wabah kecil di sana.

“Saya kini dapat mengukuhkan bahwa kabinet telah setuju untuk mengeluarkan Auckland dari peringatan siaga COVID level 2 mulai tengah hari ini,” kata PM Jacinda Ardern pada hari Jumat (12/3). Ia mengumumkan kota berpenduduk 1,6 juta orang itu akan bergabung dengan seluruh wilayah lain di negara ini yang tidak memberlakukan restriksi selain peraturan yang masih berlaku mengenai penggunaan masker di transportasi umum dan pesawat.

Setelah wabah komunitas dengan 15 kasus bulan lalu, Auckland mula-mula menjalani lockdown selama tiga hari dan kemudian selama satu minggu.

Sejak berakhirnya lockdown kedua hari Minggu, kota itu telah melanjutkan pembatasan mengenai jumlah kerumunan orang.

Selandia Baru telah menetapkan pendekatan tanpa toleransi terhadap virus dan memberantas penyebaran virus di tengah masyarakat.

“Saya tahu semua orang di kota terbesar kita menunggu-nunggu akhir pekan dengan pembatasan yang lebih sedikit, dengan kehidupan yang sebagian besar terasa kembali ke normal,” kata Ardern. Dan Auckland patut mendapatkannya, lanjutnya. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG