Tautan-tautan Akses

Selandia Baru Lakukan Uji Coba Sebelum Mulai Program Vaksinasi


Gelombang pertama dari sekitar 60.000 vaksin virus COVID-19 tiba di Bandara Internasional Auckland, Selandia Baru, 15 Februari 2021. (Foto: Pemerintah Selandia Baru/AFP).

Selandia Baru memberikan vaksin COVID-19 pertamanya, Jumat (19/2) sebagai bagian dari persiapan akhir negara itu sebelum program vaksinasi utama diluncurkan, yang dijadwalkan berlangsung Sabtu.

Berdasarkan kutipan pernyataan Dirjen Kesehatan Ashley Bloomfield yang dirilis hari Jumat (19/2) oleh Kementerian Kesehatan, 25 orang yang diimunisasi itu adalah para penyuntik vaksin yang akan menjadi anggota tim vaksinasi. Tim tersebut akan melakukan imunisasi dengan vaksin COVID-19 buatan Pfizer/BioNTech.

Para petugas perbatasan serta petugas isolasi dan karantina terkelola (MIQ) dari fasilitas karantina Auckland akan menjadi yang pertama divaksinasi, kata Bloomfield.

Peluncuran program vaksinasi bagi sekitar 12 ribu petugas perbatasan dan MIQ akan dimulai pada hari Senin (22/2) di Wellington, Rabu (24/2) di Christchurch dan diikuti di bagian lain negara itu, kata Bloomfield.

Ia mengatakan program vaksinasi itu akan memakan waktu satu tahun. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG