Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Skeptis Perdamaian di Semenanjung Korea, Meski Perang Bisa Dicegah


Kwon Hyok Bong, Direktur Biro Seni dan Pertunjukan, Kementerian Kebudayaan Korea Utara berjabat tangan dengan Lee Woo-sung, Ketua Delegasi Korea Selatan, setelah pertemuan di desa gencatan senjata, Panmunjom, Korea Utara, 15 Januari 2018.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, Selasa (16/1), ada peluang untuk mencegah perang di Semenanjung Korea dan dia mendesak para pihak yang terlibat untuk memanfaatkan kesempatan itu.

“Saya berpendapat, perang bisa dihindari,” kata Guterres ketika menjawab pertanyaan dalam sebuah konferensi pers. “Yang saya khawatirkan, saya tidak yakin bahwa perdamaian akan tercapai,” kata Guterres menambahkan.

“Kami tahu keterbatasan kami,” demikian diakui oleh Guterres. “Tetapi kami bertekad untuk menyumbang hingga pelaku-pelaku utama bisa terlibat dalam pembicaraan yang mengarah kepada solusi sesuai resolusi Dewan Keamanan.”

Bulan lalu, Guterres telah mengirim Wakil Sekjen bidang Politik, mantan diplomat Amerika, Jeffrey Feltman ke Pyongyang untuk bertukar pandangan politik antara Korea Utara dan PBB.

Dubes Korea Selatan untuk PBB, Cho Tae-yul, menyambut baik upaya ini ketika taklimat dari Sekretaris Jenderal PBB berlangsung Selasa. Kata dia, kunjungan seperti itu telah melapangkan jalan bagi pembicaraan antara kedua Korea yang sekarang berlangsung. Pembicaraan itu difokuskan pada Olimpiade Musim Dingin, yang akan berlangsung bulan depan di Pyeongchang. Korea Utara sudah memutuskan akan ikut. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG