Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB: Masa Intervensi Asing di Amerika Latin Sudah berlalu


Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres saat menghadiri pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, 24 Januari 2019.
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres saat menghadiri pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, 24 Januari 2019.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berharap tidak ada pasukan asing yang masuk ke Venezuela. Sebab, kata Guterres, masa-masa intervensi pihak asing di Amerika Latin sudah lama berlalu.

Guterres mengemukakan kepada VOA di New York, Selasa (5/2), ia senang karena demonstrasi pada Sabtu (2/2) berjalan tanpa kekerasan. Ia dengan tegas mengimbau agar menghindari semua bentuk kekerasan yang tidak ada gunanya dan tidak menguntungkan siapa pun.

Presiden Donald Trump menegaskan militer Amerika merupakan opsi bagi Venezuela, tetapi tidak merinci situasi apa yang akan membuatnya memutuskan untuk mengerahkan pasukan.

Guterres mengatakan ia menawarkan jasa-jasa baik kepada kedua pihak di Venezuela. Tapi dia sendiri tidak yakin pemilihan baru bisa berjalan lancar. Katanya, tergantung pada bangsa Venezuela untuk merundingkan penyelesaian.

Sementara itu – Sri Paus mengatakan, Selasa (5/2),Vatikan siap membantu merundingkan suatu penyelesaian apabila diminta oleh kedua pihak di Venezuela. [al]

XS
SM
MD
LG