Tautan-tautan Akses

Sekelompok Anggota ISIS Mengungsi dari Raqqa, Suriah


Foto yang diambil dari video yang dirilis pada 3 Agustus 2017 dari Hawar News Agency, kelompok media aktivis Kurdi Suriah, menunjukkan seorang pejuang Suriah yang didukung AS tengah bertempur melawan kelompok ISIS. (Foto: dok.)

Sekelompok anggota ISIS telah evakuasi dari kota Raqqa, Suriah, berdasarkan persetujuan penarikan mundur dengan milisi Suriah yang didukung Amerika yang mengepung mereka.

Seorang juru bicara milisi mengatakan hari Minggu (15/10) anggota tersebut membawa kaum sipil bersama mereka sebagai tameng manusia.

Sementara itu, pertempuran terus berlangsung antara Pasukan Demokrat Suriah atau SDF yang didukung Amerika dan militan ISIS. Kantor berita Reuters mengutip juru bicara SDF mengatakan "operasi itu telah selesai dan pertempuran diteruskan melawan sisa militan di kota itu."

Sebelumnya, juru bicara mengatakan setiap anggota ISIS yang masih tinggal akan dipaksa "menyerah atau mati."

Hari Jumat, banyak kaum sipil melarikan diri dari Raqqa menjelang serangan terakhir ke dalam kota itu oleh anggota yang didukung Amerika yang bertujuan untuk merebutnya kembali dari militan ISIS.

Ratusan sipil telah mengungsi dari Raqqa dalam beberapa hari ini dari daerah-daerah yang masih dikuasai oleh anggota ISIS, dengan memanfaatkan redanya pertempuran yang disengaja pasukan koalisi guna membantu kaum sipil mengungsi dengan aman.

Penduduk mengatakan anggota ISIS setempat banyak yang menyerah belakangan ini, tetapi militan tersebut masih menguasai beberapa daerah kota itu, termasuk stadion dan rumah sakit nasional.

Banyak dari penduduk yang melarikan diri dari kota itu kekurangan gizi setelah terkurung oleh pertempuran selama beberapa bulan. [gp]

XS
SM
MD
LG