Tautan-tautan Akses

Sejumlah Kasus Varian Omicron Dideteksi di New York


Pejalan kaki melewati 42nd Street, Kamis, 2 Desember 2021, di wilayah Manhattan, New York. (Foto: AP)

Pejabat-pejabat kesehatan mengatakan sejumlah kasus virus corona varian omicron telah dideteksi di New York, termasuk seorang laki-laki yang menghadiri sebuah konvensi anime di Manhattan pada akhir November lalu dan terbukti positif mengidap varian itu ketika ia kembali ke rumahnya di Minnesota.

Selain peserta konvensi itu, pihak berwenang mengatakan uji medis menunjukkan ada lima orang lain yang baru-baru terjangkit COVID-19 varian omicron. Ini mencakup satu orang di pedalaman Long Islands yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke Afrika Selatan, beberapa warga Brooklyn dan Queens, dan satu kasus lain yang diduga terkait dengan perjalanan.

Kabar ini muncul sehari setelah Amerika mengumumkan kasus pertama varian omicron di California.

Pasien menunggu untuk menerima suntikan booster vaksin COVID-19 di stasiun vaksinasi keliling di 59th Street di bawah Central Park, di New York, 2 Desember 2021. (Foto: AP)
Pasien menunggu untuk menerima suntikan booster vaksin COVID-19 di stasiun vaksinasi keliling di 59th Street di bawah Central Park, di New York, 2 Desember 2021. (Foto: AP)

Menenangkan warga, Gubernur New York Kathy Hochul mengatakan “tidak ada alasan untuk khawatir. Kami hanya ingin memastikan agar publik mengetahui informasi ini.”

Wali Kota New York Bill de Blasio mengatakan uji medis yang menunjukkan hasil positif di berbagai sudut kota itu menunjukkan bahwa varian itu sedang “merebak” di kota itu dan tidak terkait karena satu peristiwa tertentu.

Konvensi Anime New York 2021 pada 19-21 lalu menarik sekitar 50.000 pengunjung, tetapi pihak penyelenggara mengatakan semua pengunjung diharuskan mengenakan masker dan menunjukkan bukti telah menerima sedikitnya satu dosis vaksin COVID-19. Petugas kesehatan di New York kini sedang bekerja keras melacak mereka yang menghadiri konvensi yang dilangsungkan di Jacob K. Javits Convention Center itu.

Pejabat-pejabat di kota berpenduduk 8,8 juta jiwa itu mengatakan hanya soal waktu sebelum varian baru omicron dilaporkan ada di kota itu. Komisioner Kesehatan Kota New York Dave Chokshi menyerukan mereka yang menghadiri konvensi anime itu untuk segera melakukan uji medis. [em/lt]

XS
SM
MD
LG