Tautan-tautan Akses

Sejumlah Anggota Kongres AS Kecam Serangan Oleh Kedubes Turki


Demonstran terbaring di tanah setelah terjadi perkelahian dengan petugas keamanan Turki di dekat kediaman duta besar Turki di Washington, 17 Mei 2017. (screengrab dari video VOA Turki)

Anggota DPR Adam Schiff dari California adalah salah satu dari beberapa anggota Kongres yang mengecam serangan terhadap pemrotes di luar Kedutaan Turki bulan lalu.

“Pesan yang disampaikan Turki jelas, kami boleh melakukan sesuka hati kami, baik di Turki terhadap rakyat kami atau di wilayah Amerika,” demikian pernyataan Adam Schiff di ruang sidang DPR Rabu.

“Bapak ketua, saya ada disini untuk menegaskan bahwa kita tidak boleh membiarkan Turki memukuli pemrotes yang tidak bersalah di jalan-jalan ibukota kita. Kita harus terus berusaha menegakkan keadilan, dan menegaskan bahwa Amerika selalu membela hak-hak bagi pengungkapan secara damai dan bebas.”

Malam sebelumnya, DPR mengecam kekerasan yang terjadi menyusul protes damai di luar Kedutaan Turki bulan lalu.

Pemrotes adalah pendukung Kurdi dari anggota parlemen Turki Selahattin Demirtas yang pro-Kurdi dan mereka menyerukan pembebasan dirinya dari penjara. Polisi waktu itu sudah memasang barikade guna memisahkan kedua kelompok yang pro dan anti Turki itu.

Pemrotes mengatakan, mereka tiba-tiba di serang oleh pengawal dan pendukung Erdogan.[jm]

XS
SM
MD
LG