Tautan-tautan Akses

Korban Kekerasan di Kedutaan Turki Siap Ajukan Gugatan Hukum


Para demonstran pendukung Erdogan berteriak ke arah demonstran anti-Erdogan dalam aksi di Washington DC 16/5 lalu (foto: dok).

Seorang demonstran yang terlibat dalam bentrokan yang diwarnai aksi kekerasan dengan penjaga keamanan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pekan lalu mengatakan kepada VOA, akan mengajukan gugatan hukum atas luka-luka yang dideritanya dalam bentrokan di depan kediaman Duta Besar Turki di Washington DC itu.

Lucy Usoyan – warga etnis Yazidi kelahiran Armenia yang menjadi warga Amerika setelah pindah bersama keluarganya sejak ia berusia tiga tahun – menderita cedera otak traumatis akibat bentrokan itu. Dalam video rekaman Siaran Turki VOA, Usoyan – yang mengenakan celana merah – tampak terbaring tidak sadarkan diri.

“Banyak kantor kuasa hukum menghubungi kami. Kantor-kantor kuasa hukum terkenal telah menuntut berbagai pemerintah,” ujar Usoyan pada VOA hari Selasa (23/5).

“Kami juga memiliki wakil untuk kasus ini karena kami yakin tidak satu pemerintahan pun – bukan hanya Turki – yang berhak datang ke negara ini dan memukuli warga Amerika, dan tidak bertanggungjawab.” [em/jm]

XS
SM
MD
LG