Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 8 Orang Tewas dalam Longsoran Gletser di Himalaya, India


Orang-orang berjalan melewati bendungan yang hancur setelah gletser Himalaya pecah dan menabrak bendungan di Desa Raini Chak Lata di distrik Chamoli, negara bagian utara Uttarakhand, India, 7 Februari 2021. (Foto: Reuters)

Sedikitnya delapan orang tewas dan 384 orang berhasil diselamatkan setelah pecahnya gletser yang memicu longsoran salju di dekat perbatasan Indo-China di negara bagian Uttarakhand, India, pada Jumat (23/4), kata seorang pejabat pemerintah.

"Delapan mayat telah ditemukan. Operasi penyelamatan sedang berlangsung," kata seorang pejabat kementerian pertahanan kepada wartawan pada Sabtu (24/4), menambahkan bahwa enam dari mereka yang diselamatkan berada dalam kondisi kritis.

Pejabat itu mengatakan akses jalan terputus di 4-5 lokasi karena tanah longsor, setelah longsoran salju terjadi di distrik Chamoli Uttarakhand pada Jumat (23/4) malam.

Seorang pejabat negara juga mengkonfirmasi bahwa sedikitnya 8 orang tewas dan lebih dari 300 orang berhasil diselamatkan oleh personel militer.

Pemerintah sedang berupaya untuk menghidupkan kembali jaringan komunikasi karena jalan-jalan ditutup akibat hujan salju lebat.

Gletser pecah dan tanah longsor di negara bagian itu pada bulan Februari mengakibatkan banjir bandang yang menyebabkan lebih dari 200 orang tewas dan menyapu dua proyek pembangkit listrik tenaga air negara bagian. [ah]

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG