Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 10 Tewas Akibat Gedung Ambruk di India


Petugas penyelamat mencari korban di puing-puing bangunan perumahan tiga lantai yang runtuh di Bhiwandi pada 21 September 2020 (Foto: AFP)

Sebuah gedung apartemen yang seharusnya diperbaiki ambruk di negara bagian Maharashtra, India, Senin pagi (21/9), menewaskan sedikitnya 10 orang. Para pejabat setempat khawatir sekitar 20 hingga 25 orang lainnya terjebak dalam reruntuhan gedung empat lantai itu.

Satuan Tanggap Bencana Nasional India mengungkapkan, usaha pencarian dan penyelamatan korban masih berlangsung pada Senin sore waktu setempat. Gedung itu sendiri ambruk pada pukul 4 pagi.

Sedikitnya 11 cedera akibat insiden itu, kata Pankaj Ashiva, seorang pejabat di Bhiwandi, kawasan pinggiran ibu kota keuangan India, Mumbai. Ia mengatakan, bangunan yang sudah berusia lebih dari 30 tahun itu memerlukan perbaikan. Namun, perbaikan tidak dapat dilakukan karena lockdown virus corona.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan turut berduka cita dalam sebuah cuitannya di Twitter. “Doa agar cepat sembuh bagi mereka yang cedera. Operasi penyelamatan berlangsung, dan semua bantuan disediakan bagi mereka yang terdampak,” tulisnya.

Maharashtra merupakan salah satu negara bagian yang paling parah dilanda wabah virus corona. Lebih dari satu juta kasus ditemukan di sana. India sendiri hingga saat ini secara resmi telah memiliki lebih dari 5,4 juta kasus.

Bangunan ambruk biasa terjadi di India pada musim hujan, yakni Juni hingga September. Hujan lebat melemahkan pondasi bangunan yang buruk atau sudah tua. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG