Tautan-tautan Akses

AS

Sarung Tangan Wol Berni Sanders Bantu Galang Dana Amal $1,8 Juta


Senator Bernie Sanders dari Vermont saat menghadiri pelantikan Presiden Joe Biden di Capitol Hill, Washington, 20 Januari 2021.

Senator Amerika Serikat (AS) Bernie Sanders mengenakan sarung tangan wol yang khas saat pelantikan Presiden Joe Biden. Dalam foto itu, tampak Bernie duduk mengenakan sarung tangan, yang kemudian memicu beragam meme yang tak ada habisnya di media sosial.

Bernie Sanders, seorang senator independen, Rabu (27/1), mengumumkan, kehebohan di media sosial itu telah membantu organisasi amal di negara bagian asalnya di Vermont berhasil mengumpulkan dana sebesar $1,8 juta dalam lima hari terakhir.

Jumlah tersebut berasal dari penjualan produk yang disertai gambar pada 20 Januari di mana Sanders duduk bersilang tangan dan kaki, mengenakan jaket cokelat dan sarung tangan daur ulang wol.

Sanders pertama kali memasang produk yang disebut "Chairman Sanders", termasuk T-shirt, kaus dan stiker di situs webnya pada Kamis (21/1) malam. Produk-produk "Chairman Sanders" ituterjual habis dalam waktu kurang dari 30 menit. Sanders mengatakan ia menambah produk-produk selama akhir pekan dan terjual habis pada Senin (25/1) pagi.

"Jane dan saya kagum dengan semua kreativitas yang ditunjukkan oleh begitu banyak orang selama seminggu terakhir, dan kami senang bisa menggunakan ketenaran saya di internet untuk membantu warga Vermont yang membutuhkan," kata Sanders dalam pernyataan tertulis.

"Namun, jumlah uang sebesar ini sekalipun tidak menggantikan tindakan Kongres, dan saya akan melakukan segalanya di Washington untuk memastikan para pekerja di Vermont dan di seluruh negeri mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan di tengah krisis terburuk yang pernah kita hadapi sejak Depresi Besar " kata Sanders.

Sarung tangan Sanders dibuat oleh Jen Ellis, seorang guru sekolah dasar Vermont yang punya usaha sampingan membuat sarung tangan dari wol daur ulang. Ia juga mengenakan jaket musim dingin buatan Burton Snowboards dan memicu meme yang tak terhitung jumlahnya dari foto hasil jepretan kantor berita AFP. Foto mantan kandidat presiden itu bisa dijumpai di media sosial duduk di kereta bawah tanah, di Bulan dan sofa serial terkenal AS "Friends", dan di tempat-tempat lainnya.

Ellis di media sosial akhir pekan lalu mengatakan Sanders menelepon dan memberitahu "kehebohan sarung tangan itu" telah mengumpulkan dana dalam jumlah besar untuk badan amal Vermont meskipun ia tidak diizinkan untuk mengungkapkan jumlahnya. [my/ft]

XS
SM
MD
LG