Tautan-tautan Akses

AS

Sapi-sapi Yang Bahagia Hasilkan Lebih Banyak Susu


Para periset di negara bagian Wisconsin telah menemukan cara membuat sapi-sapi lebih bahagia, dan mereka mengatakan kepada para petani bahwa sapi-sapi yang bahagia akan menghasilkan lebih banyak susu, dan ini pastilah akan membuat petani senang.

Sapi-sapi ini senang, bukan hanya karena mereka dapat makan cukup, tapi karena mereka juga mendapat perlakuan baik dari pemiliknya, seperti hembusan angin sepoi-sepoi basah dan dipijiti punggungnya.

Kata pemiliknya, sapi-sapi yang senang akan menghasilkan lebih banyak susu dan ini telah dikatakan oleh Dewan Penasihat Industri Susu di California sejak lama.

Kini, sebuah tim dari Universitas Wisconsin berusaha memanfaatkan anjuran dewan industri sapi itu, dengan mengunjungi banyak peternakan sapi dan menunjukkan pada para petani bagaimana memperbaiki kondisi hidup sapi-sapi mereka.

Salah satu hal paling penting adalah bagaimana mencegah sakit pada kaki sapi, yang bisa mengakibatkan kelemahan pada otot-otot kakinya. Kata Nigel Cook dari Universitas Wisconsin:

“Sapi yang kakinya lemah akan berdampak pada tingkah lakunya sehari-hari, seperti bagaimana ia beristirahat, bagaimana ia menghasilkan susu, bagaimana ia makan dan bagaimana ia melahirkan anak. Lantai kandang yang dilapisi pasir halus yang tebal akan membuat sapi bisa beristirahat dengan nyaman tanpa harus berdiri sepanjang hari. Ini sangat penting bagi kesehatan sapi.”

Juga disarankan supaya kandang-kandang sapi dibuat lebih besar, dilengkapi dengan kipas angin dan pemberian makan pada waktu yang sama tiap hari.

Periset juga menganjurkan supaya sapi yang akan melahirkan ditemani oleh sapi-sapi lain yang terdapat dalam kelompoknya untuk mengurangi stress.

Peternak Mitch Breunig yang punya 400 ekor sapi di peternakan Mystic Valley Dairy di negara bagian Wisconsin Tengah mengatakan:

“Kalau kita hilangkan faktor stressnya, sapi-sapi ini bisa memproduksi lebih banyak susu, dan yang lebih menarik lagi adalah, mereka makan lebih sedikit.”

Kata Mitch Breunig lagi, sapi-sapinya juga bisa hidup lebih lama dan mengalami lebih sedikit cedera. (II)

XS
SM
MD
LG