Tautan-tautan Akses

AS

San Francisco Bersiap Hadapi Protes Akhir Pekan


Kelompok sayap kanan "Patriot Prayer" akan melakukan rapat umum di Crissy Field, dekat jembatan Golden Gate, San Francisco (foto: dok).

Salah satu daya tarik wisata penting kota San Francisco, taman nasional yang disebut Presidio, ditutup sebagai persiapan untuk rapat umum sayap kanan dan mungkin protes tandingan hari Jumat dan Sabtu.

Kelompok sayap kanan "Patriot Prayer" akan melakukan rapat umum “kebebasan berbicara” hari Sabtu di Crissy Field di taman itu, yang merupakan bagian dari bekas pangkalan angkatan darat di Teluk San Fransisco.

Walikota San Fransisco Ed Lee menghimbau warga agar memboikot acara itu, setelah tidak berhasil minta agar Dinas Taman Nasional menolak memberikan izin kepada kelompok itu.

Panitia Patriot Prayer, Joey Gibson, mengatakan kelompok itu bukan rasis atau neo-Nazi. Tetapi para pengecam, termasuk anggota DPR yang mewakili wilayah setempat, Nancy Pelosi, menyebut acara itu sebagai rapat umum neo-Nazi dan mereka mengatur demo-tandingan. Kedua kelompok akan menuju Crissy Field sehingga menimbulkan kekhawatiran mengenai kemungkinan terjadintya konfrontasi.

Polisi San Francisco akan dikerahkan dan dinas taman menutup akses publik ke tempat-tempat parker, jalur sepeda, restoran, musium, dan bahkan tempat bowling di pangkalan militer itu. [ds]

XS
SM
MD
LG