Tautan-tautan Akses

Samsung Luncurkan Galaxy Fold, Ponsel Lipat Berteknologi 5G


Drew Blackard, manajer pemasaran produk Samsung, berbicara di panggung dalam acara peluncuran Samsung Galaxy Fold di San Francisco, California on 20 Februari 2019. (Foto by Josh Edelson / AFP)
Drew Blackard, manajer pemasaran produk Samsung, berbicara di panggung dalam acara peluncuran Samsung Galaxy Fold di San Francisco, California on 20 Februari 2019. (Foto by Josh Edelson / AFP)

Samsung pada Rabu (20/2) meluncurkan ponsel pintar yang bisa menjadi tablet ketika dibuka. Dengan produk baru itu, Samsung menjadi produsen utama pertama yang menawarkan fitur tersebut sebagai upaya untuk membangkitkan permintaan pasar yang sedang merosot.

Seperti dilaporkan kantor berita AFP, raksasa Korea Selatan itu juga tampaknya menyaingi para pesaingnya dengan mengumumkan ponsel pintar pertama untuk jaringan nirkabel generasi kelima – atau 5G-, sambil meningkatkan upayanya menciptakan kecerdasan buatan dan produk lainnya.

Galaxy Fold, yang diluncurkan dalam sebuah acara di San Fransisco, berfungsi sebagai ponsel pintar dengan layar 4,6 inci dan bisa dibuka seperti buku untuk menjadi tablet dengan ukuran layar 7,3 inci.

“Kami memberi Anda perangkat yang tidak hanya kategori baru, tetapi juga menantang kategori yang ada,” kata Justin Denison dari Samsung dalam acara tersebut.

Fold akan mulai dijual di pasaran pada 26 April mulai dari harga $1.980 (Rp 27,8 juta) , kata perusahaan tersebut.

Peluncuran ini terjadi saat pasar smartphone mengalami penurunan terburuknya karena konsumen menjaga perangkat ponselnya lebih lama dan menunggu inovasi-inovasi baru.

Samsung membuat pengumuman di kandang pesaingnya, Apple. Kedua raksasa elektronik itu bersaing sengit memperebutkan pasar premium.

Denison memuji Fold sebagai “salah satu jenis perangkat mewah” dan membanggakan kemampuan Fold yang memungkinkan tiga aplikasi beroperasi secara bersamaan di layar besarnya.

“Anda dapat menonton video tentang Hawaii di YouTube; mengirim pesan tentang hal itu kepada teman anda, dan mencari semua opsi perjalanan di internet secara bersamaan,” kata Denison sambil memamerkan perangkat itu.

Samsung juga mengumumkan model Galaxy S10 baru, meningkatkan performa produk andalannya saat ini untuk menggunakan perangkat 5G.

Para pesaing Samsung diperkirakan baru akan membuat pengumuman terkait ponsel 5G di Mobile World Congress minggu depan.

“Kami berusaha keras melampaui batas teknologi saat ini untuk menginspirasi generasi baru smartphone dan menggerakkan pertumbuhan untuk industri kami,” kata DJ Koh, kepala komunikasi seluler di Samsung Electronics.

“Bagi mereka yang mengatakan segala sesuatu yang mungkin telah dilakukan, saya katakan bukalah pikiran Anda dan bersiaplah untuk awal era ponsel yang baru. Kencangkan sabuk pengaman anda, masa depan akan segera dimulai.” [er/ft]

XS
SM
MD
LG