Tautan-tautan Akses

RUU Imigrasi akan Tetapkan Nasib 11 Juta Imigran Gelap di AS


Rancangan reformasi imigrasi memungkinkan para pelajar dan mahasiswa imigran bisa mempunyai izin tinggal (foto: dok).
Rancangan reformasi imigrasi memungkinkan para pelajar dan mahasiswa imigran bisa mempunyai izin tinggal (foto: dok).

Para senator AS membentangkan rancangan reformasi imigrasi yang akan memberi jalan bagi status kewarganegaraan bagi jutaan yang sekarang bekerja dan hidup secara ilegal di AS.

Menurut rancangan tersebut, para imigran ilegal akan mendaftar kepada pemerintah, menjalani pengecekan latar belakang, membayar denda dan pajak tahun-tahun sebelumnya, serta melengkapi syarat-syarat lainnya untuk mencapai status percobaan yang akan memungkinkan mereka hidup dan bekerja secara legal di AS. Nama-nama mereka kemudian akan diletakkan di belakang daftar orang-orang yang sedang berusaha memperoleh apa yang disebut kartu hijau sebagai penduduk tetap.

Senator Charles Schumer dari New York mengatakan, "Masih panjang jalan yang harus ditempuh, tetapi rancangan kedua partai ini adalah terobosan besar. Kami berharap prinsip-prinsip ini dapat disusun menjadi undang-undang menjelang bulan Maret nanti dan disetujui oleh komite pimpinan Senator Patrick Leahy, supaya dapat diluluskan oleh Senat pada musim semi atau musim panas mendatang."

Para Senator yang terlibat dalam proposal tersebut mewakili negara-negara bagian yang paling terimbas imigrasi ilegal, seperti Arizona, Florida, South Carolina dan New York. Kelompok ini menyebut sistem imigrasi sekarang ini "tidak berfungsi."

Senator John McCain dari Arizona mengemukakan, "Apa yang kini berlangsung tidak dapat diterima. Faktanya adalah sebuah amnesti. Sudah sekian lama, kita merasa senang orang lain memotongkan rumput kita, menghidangkan makanan kita, membersihkan rumah kita, bahkan menjaga anak-anak kita, dan tidak memberikan tunjangan-tunjangan bagi mereka yang sebenarnya telah menjadikan Amerika negeri impian. Saya kira setiap orang sepakat bahwa tidaklah menguntungkan bagi kita untuk terus membiarkan orang-orang ini hidup dalam kegelapan."

Rancangan tadi mencakup pengecualian orang-orang yang memasuki AS semasa kanak-kanak, dan juga para pekerja pertanian yang menurut para
senator itu memainkan peran penting dalam mengelola suplai pangan di Amerika.

Senator Schumer menyebut rancangan ini sulit tetapi adil bagi jalan menuju kewarganegaraan. Proposal bersama kedua partai ini diumumkan sehari sebelum Presiden Barack Obama menyampaikan pidato yang menganjurkan agar segera dilaksanakan sebuah reformasi imigrasi.
XS
SM
MD
LG