Tautan-tautan Akses

Rusia Usir 7 Diplomat Dari Slovakia dan Negara-Negara Baltik


Bendera nasional Rusia dipasang di sebuah mobil yang diparkir di depan Kementerian Luar Negeri di Praha, Republik Ceko, 21 April 2021. (REUTERS / David W Cerny)

Rusia, Rabu (28/4) memerintahkan pengusiran terhadap tujuh diplomat dari Slovakia dan negara-negara Baltik: Estonia, Latvia dan Lithuania sebagai tanggapan atas pengusiran personel kedutaan Rusia.

Kementerian luar negeri Rusia memerintahkan tujuh diplomat dari empat negara itu meninggalkan Moskow dalam waktu satu minggu.

Rusia menyatakan negara-negara itu telah menunjukkan "solidaritas semu" bersama Republik Ceko, yang pekan lalu memerintahkan pengusiran sebagian besar staf diplomatik Rusia.

Republik Ceko menuduh mata-mata Rusia terlibat dalam ledakan tahun 2014 di gudang amunisi, tuduhan yang dibantah Moskow.

Estonia, Latvia, dan Lituania, negara pengkritik Rusia paling keras, telah memisahkan diri dari Uni Soviet kemudian menjadi negara anggota Uni Eropa dan NATO pada tahun 2004.

Pada awal April 2021, Polandia mengusir tiga diplomat Rusia sebagai dukungan kepada Amerika Serikat, yang memerintahkan pengusiran 10 diplomat Rusia sekitar dua minggu lalu karena ikut campur dalam pemilihan presiden AS 2020 termasuk berpartisipasi dalam peretasan SolarWind di jaringan komputer pemerintah AS.

Rusia membalas itu dengan memerintahkan lima diplomat Polandia untuk meninggalkan negaranya. [mg/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG