Tautan-tautan Akses

Rusia Tuntut Penjelasan Rudal AS di Polandia


Menlu Rusia Sergei Lavrov menuntut penjelasan terperinci AS dan Polandia terkait penempatan rudal di dekat perbatasan Rusia.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuntut penjelasan terperinci dari Amerika dan Polandia terkait penempatan rudal Amerika di Polandia, di dekat perbatasan dengan Rusia.

Polandia hari Rabu mengungkapkan pemasangan pertama baterai rudal darat-ke-udara Amerika di bumi Polandia, di sebuah pangkalan militer, sekitar 60 kilometer dari wilayah Kaliningrad, Rusia.

Lavrov mengatakan Rusia ingin mendapat penjelasan mengapa perlu dipasang instalasi dan infrastruktur militer begitu dekat dengan perbatasannya.

Polandia memuji penggelaran itu sebagai dorongan penting bagi keamanan nasionalnya. Menteri Pertahanan Bogdan Klich mengatakan sistem rudal Patriot yang dirancang untuk mencegat rudal darat ke darat itu akan membantu mengembangkan kerjasama strategis dengan Amerika.

Tetapi Rusia mengatakan langkah itu merugikan kepercayaan kawasan dan tidak membantu hubungan bilateral. Departemen Luar Negeri Rusia mengatakan tidak "memahami logika" di balik perjanjian Amerika-Polandia itu.

XS
SM
MD
LG