Tautan-tautan Akses

Menhan Polandia Puji Penempatan Misil AS


Menhan Bogdan Klich mengatakan penempatan misil Patriot penting bagi keamanan nasional Polandia, namun Rusia mengecamnya.

Polandia telah memuji penempatan pertama dari misil darat ke udara Amerika di wilayahnya dan katanya ini merupakan sebuah dorongan penting untuk keamanan nasionalnya, tetapi Rusia mengatakan langkah ini merugikan kepercayaan regional di wilayah ini.

Menteri Pertahanan Polandia Bogdan Klich mengatakan sistem Patriot berbasis darat ini, yang dirancang untuk mencegat misil darat ke darat, akan membantu mengembangkan kerjasama strategis dengan Amerika.

Lich meresmikan penempatan itu Rabu di sebuah pangkalan militer Polandia di Morag, Polandia Timur Laut, sekitar 60 kilometer dari perbatasan dengan wilayah Kaliningrad di Rusia.

Sekitar 100 personil militer Amerika telah dikirim ke Polandia untuk melatih tentaranya mempergunakan sistem ini. Pejabat Amerika belum ada rencana segera untuk melengkapi sistem ini dengan misil beramunisi.

Tetapi Rusia Rabu sekali lagi menolak penempatan itu, katanya hal ini memperlemah keamanan kerjasama regional. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya tidak mengerti “logika” dari persetujuan Amerika Polandia itu.

XS
SM
MD
LG