Tautan-tautan Akses

Rusia Tuduh AS Hendak Lakukan Penggeledahan Ilegal


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova (foto: dok).

Kementerian Luar Negeri Rusia menuduh FBI berencana melakukan penggeledahan ilegal di konsulat Rusia di San Fransisco hari Sabtu (2/9), setelah hari Kamis memerintahkan agar gedung itu ditutup.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan penggeledahan itu, yang belum dikukuhkan Amerika, akan merupakan ancaman keamanan langsung terhadap warga Rusia.

Zakharova mengatakan dalam pernyataan hari Jumat, dinas rahasia Amerika berniat melakukan penggeledahan di konsulat Rusia di San Fransisco termasuk apartemen para karyawan yang tinggal di gedung itu dan memiliki kekebalan diplomatik.

Sementara itu kantor berita Associated Press melaporkan bahwa dinas damkar didatangkan ke konsulat itu, tetapi tidak dizinkan masuk, setelah asap hitam bergulung keluar dari sebuah cerobong asap. Para petugas damkar menyimpulkan kebakaran terbatas di perapian di dalam gedung itu.

Juru bicara Dinas Damkar San Fransisco mengatakan kepada wartawan ia tidak tahu apa yang dibakar orang di dalam gedung itu pada hari dimana suhu udara sekitar 35 derajat Celcius. [ds]

XS
SM
MD
LG