Tautan-tautan Akses

Rusia, Suriah Keliru Bom Pasukan yang Didukung AS


Komandan pasukan koalisi anti-ISIS, Letjen Stephen Townsend (tengah, kanan), berbicara dengan tentara Irak di wilayah utara Baghdad (8/2).

Pesawat tempur Rusia dan Suriah salah membom anggota pasukan Suriah yang didukung AS di dekat kota al-Bab, Suriah. Saat itu pasukan Amerika berada hanya beberapa kilometer dari tempat itu, kata seorang jenderal AS di Irak.

Letjen Stephen Townsend, komandan pasukan koalisi anti militan Negara Islam (ISIS), mengatakan kepada wartawan melalui telekonferensi dari Baghdad Rabu (1/3), bahwa pemboman pada Selasa itu menimbulkan korban di pihak Koalisi Arab Suriah, pasukan yang melawan pejuang ISIS di desa-desa yang disebut terletak "di sebelah selatan dan timur al-Bab."

Townsend mengatakan, pasukan AS berada "4 atau 5 kilometer jauhnya" di pos komando" ketika serangan terjadi di desa-desa itu. "

Setelah beberapa panggilan telepon segera yang dilakukan melalui saluran khusus, Rusia mengakui telah melakukan serangan itu dan berhenti membom di sana, kata jenderal itu.

Townsend mengatakan kepada wartawan, ia percaya Rusia dan Suriah mengira bahwa desa-desa itu dikuasai oleh pasukan ISIS. [ps/isa]

XS
SM
MD
LG