Tautan-tautan Akses

Pembunuhan Pemimpin Oposisi Rusia Diperingati di Moskow


Karangan bunga dan potret pemimpin oposisi Rusia Boris Nemtsov diletakkan di lokasi ia dibunuh dua tahun lalu, sebelah Tembok Kremlin di Moskow (27/2). (AP/Pavel Golovkin)

Peringatan dua tahun dibunuhnya pemimpin oposisi Rusia, Boris Nemtsov, berlangsung Senin (27/2) di Moskow.

Duta Besar AS untuk Rusia, John Tefft, membacakan sebuah pernyataan di jembatan tempat Nemtsov dibunuh, hanya beberapa meter dari Kremlin.

"Kita di sini hari ini, untuk menghormati nilai-nilai yang ia tegakkan, dan untuk mengungkapkan harapan kita untuk masa depan. Kami serukan sekali lagi kepada pemerintah Rusia untuk memastikan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan Boris Nemtsov dibawa ke pengadilan," ujar Tefft.

Diperkirakan 15.000 pendukung berbaris di ibukota Rusia, Minggu, pada peringatan Nemtsov ini, meneriakkan slogan-slogan dan membawa poster-poster bertuliskan keterlibatan Rusia dalam perang di Ukraina dan Suriah, dan menyerukan turunnya Presiden Vladimir Putin.

"Kami berdemonstrasi untuk alasan sama yang dilakukan Boris. Untuk kebebasan, melawan totalitarianisme, menentang perang. Jadi, semua motif ada di sini," kata penyair Lev Rubinstein.

Para pendukung juga mengumpulkan tandatangan petisi untuk membuat sebuah plakat permanen untuk peringatan Nemtsov ini. Pihak berwenang menolak gagasan itu, dan peringatan yang dilakukan sekarang ini dengan bunga, foto, dan pesan secara rutin dibersihkan dan dibuang oleh pendukung Kremlin dan pekerja kota.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, hari Senin tidak menjawab pertanyaan tentang pembersihan bunga-bunga dari tempat pembunuhan Nemtsov itu dan menganjurkan wartawan supaya minta penjelasan dari para pertugas kebersihan kota Moskow. [ps/isa]

XS
SM
MD
LG