Tautan-tautan Akses

Rusia Perintahkan Inggris Kurangi Lagi Jumlah Diplomat


Duta Besar Inggris untuk Rusia Laurie Bristow meninggalkan gedung setelah pertemuan di Kementerian Luar Negeri Rusia, di Moskow, 30 Maret 2018.
Duta Besar Inggris untuk Rusia Laurie Bristow meninggalkan gedung setelah pertemuan di Kementerian Luar Negeri Rusia, di Moskow, 30 Maret 2018.

Rusia memerintahkan Inggris, Sabtu (31/3), agar mengurangi staf diplomatik dan teknis di Rusia sebanyak lebih dari 50 orang.

Tuntutan terbaru dari Rusia itu adalah tambahan atas saling balas antar kedua negara ketika masing-masing negara memerintahkan pengusiran 23 diplomat.

Jumat (30/3), Kremlin mengusir 59 diplomat dari 23 negara Barat sebagai balasan atas pengusiran kolektif oleh Barat terhadap diplomat Rusia.

Staff diplomatik Inggris tampaknya telah menjadi sasaran pemotongan terbesar, dan dutabesar Inggris diberitahu ia mempunyai waktu sebulan untuk mengurangi stafnya menjadi sama persis dengan jumlah diplomat Rusia di Inggris.

Tindakan pembalasan itu terjadi sehari setelah Rusia mengusir 60 orang diplomat Amerika dan menutup konsulat Amerika di St Petersburg. Para duta atau wakil duta Jerman, Belanda, Ukraina, Perancis, Italia, Polandia, Kroasia, Belgia, Swedia, Australia, Kanada dan Republik Ceko, terlihat berdatangan dengan mobil resmi di gedung Kementerian Luar Negeri Rusia di tengah Kota Moskow.

Sementara itu, Rusia melakukan uji coba misil balistik yang baru dikembangkan dua kali pada Jumat, kata Kementerian Pertahanan Negara itu melalui cuitan diTwitter dan memberi tautan ke video Samat sedang diluncurkan. ICBM terbaru ini akan menggantikan misil zaman Soviet yang dimilki Rusia sekarang.[gp]

XS
SM
MD
LG