Tautan-tautan Akses

Rusia Mungkin Bantu Maduro Tukar Emas Venezuela dengan Dolar


Presiden Venezuela Nicolas Maduro (kiri) saat diterima Presiden Rusia Vladimir Putin di kediamannya di luar Moskow, 5 Desember 2018 lalu (foto: ilustrasi).
Presiden Venezuela Nicolas Maduro (kiri) saat diterima Presiden Rusia Vladimir Putin di kediamannya di luar Moskow, 5 Desember 2018 lalu (foto: ilustrasi).

Pemerintah Rusia mungkin telah membantu Presiden Nicolas Maduro menukar emas milik Venezuela dengan uang dolar untuk memperkuat pemerintahannya yang terkena sanksi ekonomi Amerika.

Harian Rusia Novaya Gaeta mengatakan bahwa tanggal 29 Januari, sebuah pesawat kargo Boeing 757 milik Rusia berangkat dari Moskow membawa emas batangan milik Venezuela yang disimpan di Bank Sentral Rusia ke Dubai. Emas itu kemudian ditukar dengan berpeti-peti uang dollar Amerika, dan diterbangkan ke Venezuela lewat Maroko, kata harian itu.

Direktur Bank Sentral Rusia, Elvira Nabiullina membantah laporan itu dan mengatakan, Bank Sentral Rusia tidak menyimpan emas Venezuela.

Hari Jumat, seorang pejabat senior Venezuela mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Venezuela berencana menukar 29 ton emasnya di Persatuan Emirat Arab dengan mata uang Euro, dan mengatakan, penjualan pertama emas Venezuela dimulai dengan pengiriman tiga ton emas tanggal 26 Januari.

Tahun lalu Venezuela juga mengirim emas yang belum dimurnikan bernilai 900 juta dolar ke Turki, yang telah mengolah emas Venezuela sejak tahun lalu, ketika Maduro memindahkan operasinya dari Swiss, karena khawatir emas itu mungkin akan disita. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG